Minggu, 19 Maret 2017

Pertama Kali Naik KRL (Commuter Line)

Assalamualaikum peeps!

Masih berhubungan dengan postingan saya tentang Pertama Kali Naik Kereta? kali ini yang akan saya ceritakan adalah KRL (Kereta Rel Listrik). KRL merupakan kereta rel listrik yang ada di kawasan Jabodetabek.

Postingan ini masih berkaitan dengan untuk para pemula yang akan bepergian menggunakan KRL. Lagi-lagi saya harus bepergian sendirian dan untuk pertama kalinya. Kali ini saya akan mengunjungi teman yang kebetulan kuliah di Universitas Indonesia, dan kami memutuskan untuk bertemu disana.
Saya berangkat dari Stasiun Sudirman dan kebetulan dari Stasiun Sudirman ini kalau mau turun di Stasiun Univ. Indonesia tidak perlu transit. Saya sangat senang ketika mendengar arahan itu dari teman saya.
Tetapi rute KRL untuk saya pulang nanti mengharuskan saya untuk transit. Ke khawatiran ini muncul karena saya takut kalau salah kereta. Ngga lucu dong udah gede begini ilang?

Postingan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara naik KRL dan hal - hal yang perlu diperhatikan saat akan naik KRL. Seperti rute yang akan dilalui oleh KRL.Mari para komuter pemula, merapat!

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA AKAN NAIK KRL (KERETA REL LISTRIK) :

1. Tentukan Stasiun tujuan

Seperti cerita saya diatas, saya dari Stasiun Sudirman akan turun ke Stasiun Universitas Indonesia. Pemilihan stasiun tujuan sangat penting karena ini mempengaruhi dalam pemilihan kereta yang akan kita naiki.

2. Beli Tiket

Untuk naik KRL kita perlu tiket. Tiket dibagi menjadi 2 yaitu tiket multi trip (Berlangganan) dan THB (Tiket Harian Berjaminan).
Jika hanya untuk sekali perjalanan seperti saya, lebih baik menggunakan jenis THB. Berhubung kemarin saya tidak menggunakna THB, jadi saya kurang tahu alur membuat THB.
Jika teman - teman memiliki e-money, bisa menggunakan itu sebagai pengganti tiket. Fungsi nya sama saja. Tinggal 'tap' dan beres! Saat saya naik KRL, saya menggunakan e-money.

3. Pilih Rute KRL

Rute KRL mempengaruhi kereta apa yang akan kita naiki. Perhatikan rute KRL dibawah ini.

Misal :

a. Saya dari Sudirman dan akan turun di Univ. Indonesia.Lihat rute warna kuning. Ada kereta yang sejalan dan saya tidak perlu transit. Untuk ke Univ. Indonesia, saya harus naik kereta Depok/Bogor (Peron 2).
b. Saya dari Univ. Indonesia akan turun di Pal Merah.Tidak ada kereta yang sejalan, dan mengharuskan saya transit di stasiun Tanah Abang. Dari st. Tanah Abang baru ada kereta yang menuju ke Pal Merah.
Dari Univ. Indonesia saya bisa naik kereta Tanah Abang/Duri/Jatinegara. Karena ketiga kereta itu melewati Tanah Abang.
Setelah sampai di Tanah Abang yang mengharuskan saya transit menggunakan kereta Serpong/Parung Panjang/Maja (Peron 5 & 6) agar bisa sampai di Pal Merah.

Perhatikan Peron dengan teliti agar teman -teman tidak salah naik kereta.

Untuk percobaan pertama saya naik KRL, saya merasa puas karena kebingungan saya dikalahkan oleh rasa excited saya. Maklum, di Semarang belum ada KRL. Menurut saya, KRL ini sangat efektif dan efisien untuk para komuter di bandingkan harus menggunakan kendaraan pribadi. Naik KRL ngga ada macet. Ada gerbong 1 & 6 khusus untuk wanita. Dan gerbong lainnya bisa untuk siapa saja.
Jika warga Jakarta mau menggunakan KRL kemana mana, saya yakin kemacetan dapat di minimalisir dan diatasi.
Beberapa hari saya di Jakarta, saya memahami bahwa semua warga Jakarta memiliki kesibukan yang luar biasa, sampai ada kendaraan pribadi yang nerobos lampu merah pas sepi. Sekalinya sepi ini sangat berbahaya. Mungkin mereka sudah tidak sabar karena lelah juga menghadapi kemacetan.
Cobalah untuk menggunakan angkutan umum untuk mengurangi kemacetan.

Semoga postingan saya dapat berguna untuk teman - teman yang akan naik KRL untuk pertama kalinya. Tidak perlu khawatir. Naik KRL seru kok.
Dan tetap waspada dengan barang bawaan kalian.

Pertama Kali Naik Kereta?

Assalamualaikum peeps!

Hari senin kemarin (13 Maret 2017) saya berangkat ke Jakarta karena ada urusan dan mengharuskan saya untuk naik kereta. Sebelumnya saya belum pernah sama sekali naik kereta, ya karena emang ngga pernah pergi jauh dan sendirian pula. Hal ini membuat saya sangat excited dan sedikit worry karena ini adalah pertama kalinya. Wajar dong? Mau di kata norak juga bodo amat deh.

Buat teman - teman yang akan naik kereta untuk pertama kali nya, tenang. Naik kereta tidak se-susah dan se-membingungkan itu kok. Karena di stasiun juga ada banyak petugas yang bisa kita tanyai ketika kita bingung. Petunjuk - petunjuk berupa tulisan pun juga terlihat jelas.
Untuk lebih jelasnya, teman- teman bisa baca postingan saya ini.

Pertama kali yang harus dilakukan sebelum naik kereta adalah membeli tiket. Saya menggunakan agen travel online untuk membeli tiket. Atau teman - teman bisa langsung ke Indom*rt atau Alfam*rt untuk membeli tiket booking kereta api karena mereka juga melayani pembelian tiket kereta.

HAL - HAL YANG PERLU DI INGAT 'SAAT' DAN 'AKAN' NAIK KERETA API :

1. Tentukan kota tujuan dan stasiun

Untuk membeli tiket kereta, kita harus menentukan kota tujuan dan stasiun tujuannya.
Misal : Saya akan berangkat ke Jakarta dan akan memilih di Stasiun Pasar Senen karena pada saat itu rumah teman saya dekat dengan Stasiun Pasar Senen.
Untuk pemilihan Stasiun berangkat, saya memilih Stasiun Tawang Semarang.

2. Beli tiket di Agen travel online

Untuk mempermudah para calon penumpangnya, PT. KAI telah bekerja sama dengan banyak agen travel online untuk pembelian tiket kereta. Ini merupakan cara yang sangat efisien menurut saya, karena kita tidak perlu antri di stasiun lagi untuk membeli tiket secara manual. Dan setahu saya, antri membeli tiket secara langsung di stasiun itu antri nya 'wah' banget alias panjang. Tidak efisien sama sekali.
Jika teman - teman membeli tiket online, kita dapat menghemat waktu dan yang pastinya tenaga.

Saya membeli tiket di abang saya dan dapet kode booking seperti gambar dibawah ini. Kalau beli tiket booking di minimarket, dapet kertasnya kecil banget hehehe

Gambar tiket booking kereta api

3. Cetak Tiket Mandiri (CTM)

Pada hari H saya akan berangkat ke Jakarta, saya memilih untuk berangkat lebih awal ke stasiun karena harus mencetak tiket. Berangkat lebih awal adalah cara antisipasi saya kalau CTM nya harus mengantri.
Dan begitu sampai di Stasiun Tawang, saya langsung ke tempat Keberangkatan/Departure dan mencari si komputer CTM ini. Bersyukur banget ngga perlu antri karena sepi.
Di komputer CTM ini, kalian tinggal menuliskan 'Kode Booking' yang tertera di tiket booking yang sudah kalian beli tadi. 'Kode Booking' ini terdiri dari 6 digit.
Dan setelah menuliskan kode nya, tiket kalian akan keluar dari mesin print nya.

Tiket Kereta Api

4. Check In

Setalah mencetak tiket di CTM (Cetak Tiket Mandiri), saya langsung check in karena kereta yang akan membawa saya ke Jakarta sudah tiba. Pada saat check in, teman- teman akan di minta untuk menunjukkan tiket (seperti gambar diatas) dan KTP asli.
Kemudian beres deh! Kereta siap mengantar kita ke tempat tujuan.

Untuk teman - teman yang akan bepergian menggunakan kereta semoga selamat sampai tujuan!
Semoga postingan Pertama Kali Naik Kereta? ini dapat berguna bagi para pemula seperti saya.

Kamis, 02 Maret 2017

Senior Secret Love : My Lil Boy 2 #DramaReview

Assalamualaikum peeps!

Menyambung dari postingan sebelumnya tentang review mini drama Thailand yang berjudul Senior Secret Love : My Lil Boy 2.
Mini drama ini baru berakhir 5 Januari 2017 kemarin, dengan total 8 episode. Drama yang bergenre romace, comedy, school ini masih dengan pemain yang sama yaitu Kirdpan Korapat (S) dan Songmuang Kanyawee (Belle).

Langsung saja #DramaReview kali ini. Check this out!

Poster Senior Secret Love : My Lil Boy 2

Di season 2 nya, Senior Secret Love : My Lil Boy tidak hanya berfokus pada kisah perjuangan S untuk Belle, tetapi ada perjuangan Toy yaitu teman S yang juga menyukai senior nya bernama Mayrin.

Setelah bertemu dengan Belle, S ingin sekali menyatakan perasaannya bahwa ia juga menyukai Belle tetapi menunggu hingga waktu yang tepat karena sekarang mereka baru saja bertemu kembali.
Diluar dugaan S, merebut hati Belle kembali tidak semudah yang ia pikirkan.

Setiap hari S mengantar dan menjeput Belle di universitas. S juga melakukan hal-hal yang disukai Belle yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Suatu hari S melihat Belle akan di antar pulang oleh seniornya yaitu Boss. Boss akan mengantar Belle dengan mobilnya yang kemudian berujung S ikut 'nebeng' di mobil itu.

Boss menyukai Belle. Suatu hari Boss, S, Belle dan ketiga temannya berlibur di sebuah pantai dan menginap semalam disana. Terlihat jelas bahwa Boss menyukai Belle. Ini menimbulkan rasa kompetitif  S untuk mendapatkan Belle kembali.

Saat bermain di pantai, terlihat Boss menghampiri Belle dan menghabiskan waktu berdua. Melihat mereka, membuat S kesal dan kemudian ia diminta oleh Orn, teman universitas Belle untuk mengambil gambarnya di pantai. Orn mengutarakan maksudnya untuk membantu S mendapatkan Belle kembali.

Dari kejauhan Pang dan Aom melihat pemandangan Belle dan Boss, kemudian di tepi pantai melihat S dan Orn berduaan. Pang merasa ada yang salah dengan Orn.

Di sisi lain, S dan Toy memiliki perjanjian yaitu saat di sekolah S akan membantu Toy untuk mendekatkannya dengan Mayrin. Dan saat di universitas, Toy harus membantu S untuk mendapatkan hati Belle kembali.

S dan Toy melakukan berbagai cara agar dapat berteman dengan Mayrin. Mayrin adalah atlet badminton, ia sering menghabiskan waktu di sekolah untuk berlatih. Toy sering menemaninya hingga selesai berlatih dengan alasan bahwa Mayrin sudah berjanji akan memberikan masukan tentang hal-hal yang disukai oleh wanita kepadanya untuk membantu S mendapatkan Belle.

Mayrin adalah siswa yang cantik dan populer. Tidak hanya Toy yang menyukainya. Teman dekat S juga ada yang menyukai Mayrin yang bergerak sedikit lebih cepat dari Toy. S selalu menyemangati dan memberi ide kepada Toy agar bisa selalu dekat dengan Mayrin.

S ingat bahwa Belle menyukai lagu cinta. S berniat belajar gitar dan membuat sebuah lagu cinta untuk Belle sebagai kado ulang tahun. S, Pang, Aom sudah menyiapkan pesta ulang tahun untuk Belle di apartemen tetapi sampai tengah malam Belle tidak kunjung pulang karena sedang merayakan hari ulang tahunnya bersama Boss. Terjadi kesalahpahaman antara Belle terhadap S yang dilakukan oleh Orn.

Setelah menunggu lama, Boss mengantar Belle dan Orn pulang dengan tak sadarkan diri karena mereka baru saja berpesta. Pang dan Aom sudah tertidur di kamarnya. S tertidur di ruang tamu apartemen Belle. Boss menyandarkan Orn di sofa dan mengantar Belle ke kamarnya dan mengunci pintu. S yang terbangun langsung mengetuk keras pintu kamar Belle hingga membangunkan Pang dan Aom.
Mereka bertiga memasuki kamar Belle dengan kunci cadangan. S dan Boss saling memukul dan dihentikan oleh Pang.

Belle mengetahui kejadian ini keesokan harinya setelah Boss mengantarnya pulang dan bertemu Pang dan Aom di depan Apartemen. Belle tidak ingin bertemu Boss lagi dan merasa menyesal terhadap S karena menunggunya hingga larut malam.

S dan Toy sempat bertengkar karena Toy cemburu dengan S. Mayrin mengatakan padanya bahwa ia sempat menyukai S, tetapi sekarang Mayrin tidak lagi menyukai S karena ada hal-hal kecil yang tidak dapat dilakukan S padanya tetapi Toy melakukannya. Meraka berakhir bersama dan berjanji selalu ada untuk satu sama lain karena Mayrin sudah harus meninggalkan SMA.

Sudah kedua kalinya S ditolak oleh Belle tetapi S tidak menyerah dengan dukungan dari Toy dan Taewin. Taewin selalu meyakinkan S bahwa Belle masih menyukainya, dan selalu mengingatkan S dengan usaha Belle tahun kemarin untuk mendapatkan hati S.

Pada pernyataan ketiganyalah S baru dapat bersama dengan Belle. Belle mengatakan hanya ingin meyakinkan S bahwa S benar-benar menyukai Belle. Karena tahun sebelumnya, S tidak tahu dan tidak mengerti bagaimana rasanya menyukai seseorang.

Senior Secret Love : My Lil Boy (2016) #DramaReview

Assalamualaikum peeps!

Untuk para pecinta Asian Drama, kali ini saya akan review drama dari Thailand yang berjudul Senior Secret Love : My Lil Boy (2016). Drama ini terdiri dari episode 1 - 6 dengan durasi tayang 40 menit. Tayang di Thailand sendiri pada tanggal 7 Februari 2016 - 13 Maret 2016.

Telat banget ya review nya? Tunggu dulu. Senior Secret Love : My Lil Boy ini ada Season 2 nya loh dengan judul Senior Secret Love : My Lil Boy 2, tayang 11 Desember 2016 - 5 Januari 2017. Tepatnya udah sebulan lebih baru saya review drama ini.

Buat kalian pecinta drama Thailand sepertinya harus bersabar seperti saya karena jarang banget drama Thailand yang ada subtitle bahasa Indonesia. Sejauh ini saya nonton pake subtitle bahasa Inggris.

Disini akan saya review Senior Secret Love : My Lil Boy Season 1. Check this out!

Poster Senior Secret Love : My Lil Boy (2016)
Mini drama ini menceritakan tentang siswa SMA tingkat akhir yang bernama Belle yang mulai menyukai adik kelasnya bernama S. Awal Belle mulai tertarik dengan S karena Belle selalu mengikuti S kemanapun dia pergi. Ini semua karena mantan pacar Belle sehingga Belle harus mendekati dan akhirnya menyukai S.

Belle dibantu dengan kedua temannya, yaitu Pang dan Aom. Kedua temannya memiliki berbagai cara agar Belle bisa dekat dengan S. Tidak hanya Pang dan Aom, tetapi ada teman dekat S yaitu Taewin yang juga ikut membantu mendekatkan mereka.

Dengan bantuan Taewin, Belle dapat mengetahui sedang apa dan dimana S berada. Suatu ketika, S mengetahui bahwa teman dekat Belle, yaitu Aom ternyata juga menyukai nya. Tetapi Aom tidak ingin merusak kebahagiaan Belle yang akhirnya merelakan S untuk Belle.

Dengan berbagai cara yang tak kunjung ada hasilnya, Belle tidak pernah menyerah untuk mendapatkan hati S. Belle sudah sering sekali ditolak oleh S, tetapi dengan dukungan teman-temannya ia selalu berusaha mendapatkan S.

Tiba saatnya akhir semester dari masa SMA Belle. Belle melanjutkan ke universitas sementara S masih berada di SMA.
Suatu ketika S melihat Belle di hadapannya, sedang bermain bola, duduk di bangku taman, sedang boxing, dan tersenyum dengannya. Dan itu semua ternyata hanya imajinasi S.
S mulai menyadari sesuatu. Dia kehilangan sosok Belle yang biasanya selalu ada di dekatnya.

S menanyakan hal ini kepada Taewin. Dan Taewin mengatakan bahwa S sedang merindukan Belle. Terbukti dari imajinasi S yang selalu muncul. Taewin mengatakan bahwa S telah menyukai Belle.

Keterlambatan S menyadari bahwa dia menyukai Belle membuatnya menyesal dan tidak menyerah mencari kabar Belle lagi.

Tapi apakah setelah bertemu, Belle masih tetap menyukai S? Cerita tentang mereka berdua akan berlanjut di season 2.

Kamis, 17 November 2016

EVERYONE HAS THEIR QUOTE

Malaikat bebas karena pengetahuannya,
Binatang bebas karena kebodohannya.
Di antara keduanya manusia yang tetap berjuang.

(Jalaluddin Rumi)

Rabu, 09 November 2016

Olahraga Jadi Gaya Hidup?

Assalamu'alaikum peeps!

Sehat adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita tanpa kita sadari. Sudah diberi harus dijaga dong? Bersyukur adalah salah satu caranya. Selain itu,menjaga pola makan tetap sehat juga merupakan salah satu cara kita untuk bersyukur.
Yang tidak kalah penting adalah olahraga

Untuk kalian yang jarang olahraga atau baru akan mau memulai, terkadang bingung untuk memulai dari mana. Just do it! Ngga usah pikir panjang mau ngapain, sama siapa, dimana.
Terlalu banyak mikir bikin kamu ngga akan segera memulainya atau bakal mundur-mundur terus.

Dulu saya juga termasuk dalam orang yang jarang berolahraga. Olahraga mungkin cuma disekolah doang haha. Setelah itu ntah kesambet darimana, saya mulai merubah pola pikir dan otomatis pola hidup saya juga berubah. Kurang lebih 2 tahun yang lalu saya mulai rajin olahraga ya walaupun cuma jogging tiap sabtu & minggu pagi.
Tapi kalo pas lagi ngga ada jadwal kuliah / libur semester bisa tiap sore jogging. Daaaan perubahan pada tubuh sih berasa banget.
Dan baru setahun terakhir ini saya mulai nambah workout sendiri dirumah. Jadi sabtu & minggu pagi tetep jogging, dan tiap hari min.30 menit workout. Jangan salah! 30 menit cukup buat kamu berkeringat loh.

Manfaat rajin berolahraga :

1. Badan sehat / bugar

Ini berasa banget ketika saya habis jogging / workout. Badan rasanya jadi ringan, mau ngapa - ngapain jadi ngga males. Badan ngga gampang berasa capek ketika beraktivitas. Apalagi masih muda gini x))

2. Daya tahan tubuh meningkat

Ketika saya pertama kali jogging, lari 1KM itu berat buat saya waktu itu sih ngga ngoyo banget jadi lari - jalan - lari - jalan. Lari 1KM dengan lari jalan lari jalan gitu hampir seminggu, kemudian minggu ke-2 saya coba lari 2KM ya walaupun cukup sedikit menyiksa untuk orang yang baru mulai olahraga.
Tapi seiringnya waktu, saya mulai menarget diri saya sendiri untuk lari dari 1KM, 2KM, 3KM, 4KM, dst.
Secara tidak langsung melatih jantung saya agar tetap sehat, pernafasan jadi ngga mudah ngos-ngosan, dan ngga gampang kena sakit kaya pilek gitu.

3. Mengeluarkan racun (Detoksifikasi)

Salah satu cara detoks adalah dengan cara berkeringat. Berkeringat karena olahraga membuat pori-pori kulit terbuka dan membawa keluar racun yang ada di dalam tubuh kita.

Racun di dalam tubuh antara lain disebabkan oleh makanan. Jaman sekarang junk food lebih digemari daripada makanan organik. Mungkin karena junk food lebih cepat dan enak. Tapi tanpa disadari, junk food adalah salah satu perusak tubuh kita apabila dikonsumsi secara terus menerus, kemudian makanan berminyak, berkolesterol tinggi, makanan dengan zat kimia dsb.
Tubuh perlu detoks untuk menyeimbangkan kesehatan kembali dari racun2 tadi. Dengan berolahraga secara tidak langsung kita mengeluarkan racun dan menyehatkan kulit kita. Kalo kulit sehat, dirasa dan dilihatnya juga enak kan? :)

Saya menyarankan kalian untuk tidak pikir panjang dalam memulai olahraga.
Tips memulai olahraga buat temen-temen yang masih mikir blablabla atau yang masih mager :

1. Kumpulkan niat

Tujuan kalian mau olahraga buat apasih? Sehat? Atau nurunin berat badan sesuai target?
Apapun niatnya, memang harus dimulai dari diri sendiri. Kalau sudah niat dari diri sendiri, pastinya akan kontinyu dalam berolahraga dan dapat menyelesaikan targetnya dan pastinya no mager2 lagi.

2. Just do for yourself

Kalau ngga ada atau belum ada temen buat diajak sehat, lakukan sendiri! Karena nunggu ada temen bikin kalian tidak segera memulainya, dan menyadari pentingnya olahraga adalah dari diri sendiri.

3. Mau ngapain?

Paling mudah dan gratis adalah jogging. Kalo bingung dimana, coba pertama di CFD. Maybe disana kamu bisa dapet temen yang sama-sama penyuka olahraga dan bisa membantumu untuk lebih termotivasi berolahraga. Seiring berjalannya waktu, kamu jadi tau tempat-tempat untuk olahraga.

Semoga postingan saya bisa bermanfaat untuk temen-temen yang mau mulai berolahraga.
Selamat berolahraga!

Caring your body and keep healthy!

Kamis, 27 Oktober 2016

Bibit Tanaman di Kopeng Salatiga : New Hobby

Assalamu'alaikum peeps!

Buat kalian yang masa kecilnya ditemani dengan kartun 90'an, pasti tau Bugs Bunny. Yah! Bugs Bunny sering sekali menampilkan latar tempat padang pasir yang banyak dengan tanaman kaktus. Karena sering lihat tanaman kaktus di Bugs Bunny, saya jadi ngefans sama tanaman ini.

Dengan seiring berjalannya waktu, dan saya semakin gede a.k.a tua.... saya mencoba mencari tau tentang tanaman kaktus dan ingin memilikinya dirumah. Dan baru beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan tanaman kaktus hias dari seorang pengelola tanaman yang pastinya kalo dari sumbernya harganya lebih murah. Karena pengelola tanaman ini biasa mendapat konsumen yang menjual kembali tanaman tersebut. How a lucky i am to know this place!

Berawal dari mama yang lagi nyari tanaman anggrek, my hobby start from here. Awal bulan oktober ini, perumahan saya menjadi perumahan yang di ikut sertakan sebagai Kampung Anggrek dalam perlombaan tingkat Provinsi. Jadi, tiap rumah harus ada tanaman anggrek nya.

Sebenernya dirumah sudah ada, tapi karena pengen nambah koleksi anggrek, kita cari-cari lagi. Karena saran dari saudara ada tempat pengelola tanaman dan bisa dibilang seperti produsen, saya dan keluarga segera mencari tempat tersebut.

Pengeola tanaman ini berada di Kopeng atau Desa Kopeng, Kabupaten Semarang. Buat temen-temen yang ada di sekitaran Jawa Tengah pasti tau Kopeng. Sebuah tempat dataran tinggi yang biasa untuk destinasi wisata.

Mudahnya, lokasi searah dengan arah menuju kopeng. Jadi tinggal ngikutin jalannya aja. Bertempat di Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang 50774.

Plang ini ada di depan salah satu rumah pengelola tanaman

Waktu saya kesana pas banget lagi hujan, jadi suasana dingin nya berasa banget dan jalan jadi sedikit berkabut.

Ketika saya mencari tanaman, saya dibawa ke rumah salah satu seorang pengelola tanaman. Kemudian dibawalah kami masuk kerumahnya. Loh? Ternyata, semua bibit tanaman yang sedang dikelola ada di bagian belakang rumahnya.

Di Desa Dukuh setiap rumah pasti di penuhi dengan tanaman. Dan tanaman disini bisa dibilang sangat terjangkau menurut saya. Disana saya hanya bisa fokus memilih tanaman kaktus (maklumi karena ngefans). Saya dapat 5 jenis kaktus yang harganya berbeda-beda. Ukuran kaktus tidak menjadi patokan harganya. Menurut saya, harga kaktus berdasarkan keindahan dari kaktus itu sendiri. Kaktus yang saya beli ada yang seharga Rp.2500,-/pot dan ada yang Rp.10.000,-/pot.

Buat temen-temen yang mau cari tanaman hias sampai sayuran, saya sarankan kesini. Karena disini bisa dibilang seperti produsen nya. Berangkat mobil kosong, dijamin pulang-pulang mobil kalian penuh tanaman. Yang tadinya cuma mau beli anggrek, eh taunya jadi beli tanaman ini itu.
Dan ibu pengelola nya ramah sekali. Waktu selesai pilih2 tanaman, eh di kasih bonus sayur-sayuran sama ibunya! Hehe

Semoga blog nya bermanfaat!