Minggu, 19 Maret 2017

Pertama Kali Naik Kereta?

Assalamualaikum peeps!

Hari senin kemarin (13 Maret 2017) saya berangkat ke Jakarta karena ada urusan dan mengharuskan saya untuk naik kereta. Sebelumnya saya belum pernah sama sekali naik kereta, ya karena emang ngga pernah pergi jauh dan sendirian pula. Hal ini membuat saya sangat excited dan sedikit worry karena ini adalah pertama kalinya. Wajar dong? Mau di kata norak juga bodo amat deh.

Buat teman - teman yang akan naik kereta untuk pertama kali nya, tenang. Naik kereta tidak se-susah dan se-membingungkan itu kok. Karena di stasiun juga ada banyak petugas yang bisa kita tanyai ketika kita bingung. Petunjuk - petunjuk berupa tulisan pun juga terlihat jelas.
Untuk lebih jelasnya, teman- teman bisa baca postingan saya ini.

Pertama kali yang harus dilakukan sebelum naik kereta adalah membeli tiket. Saya menggunakan agen travel online untuk membeli tiket. Atau teman - teman bisa langsung ke Indom*rt atau Alfam*rt untuk membeli tiket booking kereta api karena mereka juga melayani pembelian tiket kereta.


HAL - HAL YANG PERLU DI INGAT 'SAAT' DAN 'AKAN' NAIK KERETA API :

1. Tentukan kota tujuan dan stasiun

Untuk membeli tiket kereta, kita harus menentukan kota tujuan dan stasiun tujuannya.
Misal : Saya akan berangkat ke Jakarta dan akan memilih di Stasiun Pasar Senen karena pada saat itu rumah teman saya dekat dengan Stasiun Pasar Senen.
Untuk pemilihan Stasiun berangkat, saya memilih Stasiun Tawang Semarang.

2. Beli tiket di Agen travel online

Untuk mempermudah para calon penumpangnya, PT. KAI telah bekerja sama dengan banyak agen travel online untuk pembelian tiket kereta. Ini merupakan cara yang sangat efisien menurut saya, karena kita tidak perlu antri di stasiun lagi untuk membeli tiket secara manual. Dan setahu saya, antri membeli tiket secara langsung di stasiun itu antri nya 'wah' banget alias panjang. Tidak efisien sama sekali.
Jika teman - teman membeli tiket online, kita dapat menghemat waktu dan yang pastinya tenaga.

Saya membeli tiket di abang saya dan dapet kode booking seperti gambar dibawah ini. Kalau beli tiket booking di minimarket, dapet kertasnya kecil banget hehehe

Gambar tiket booking kereta api

3. Cetak Tiket Mandiri (CTM)

Pada hari H saya akan berangkat ke Jakarta, saya memilih untuk berangkat lebih awal ke stasiun karena harus mencetak tiket. Berangkat lebih awal adalah cara antisipasi saya kalau CTM nya harus mengantri.
Dan begitu sampai di Stasiun Tawang, saya langsung ke tempat Keberangkatan/Departure dan mencari si komputer CTM ini. Bersyukur banget ngga perlu antri karena sepi.
Di komputer CTM ini, kalian tinggal menuliskan 'Kode Booking' yang tertera di tiket booking yang sudah kalian beli tadi. 'Kode Booking' ini terdiri dari 6 digit.
Dan setelah menuliskan kode nya, tiket kalian akan keluar dari mesin print nya.

Tiket Kereta Api

4. Check In

Setalah mencetak tiket di CTM (Cetak Tiket Mandiri), saya langsung check in karena kereta yang akan membawa saya ke Jakarta sudah tiba. Pada saat check in, teman- teman akan di minta untuk menunjukkan tiket (seperti gambar diatas) dan KTP asli.
Kemudian beres deh! Kereta siap mengantar kita ke tempat tujuan.


Untuk teman - teman yang akan bepergian menggunakan kereta semoga selamat sampai tujuan!
Semoga postingan Pertama Kali Naik Kereta? ini dapat berguna bagi para pemula seperti saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar